Gatotkaca Kembar

pandawa menerima wangsit untuk mempersiapkan wisuda senopati senopati perangnya untuk berperang dalam bharata yudha. sementara itu ada syarat yaitu membangun jalan dari kayangan ke tegal kurusetra untuk menjadi jalan para dewa yang akan menyaksikan perang bharata yudha. nah jalan dari kayangan itu akan melewati alas tunggulrono yang menjadi kawasan penguasa gatotkaca.
siapa bisa menyelesaikan tugas itu akan diwisuda menjadi senopatinya para senopati dan akan menjadi senopati andalan pandawa dalam perang bharata yudha. tugas diserahkan kepada gatotkaca yang digadang gadang pendawa untuk memimpin barisan pandawa saat melawan kurawa. sementara itu gatotkaca mendapat mimpi buruk,dalam mimpinya dia hanyut dalam sungai yang airnya kotor(keruh)dan bisa bertahan dengan cara memegang akar pohon cendana. merasa ada sasmita tak baik gatotkaca segera pamitan untuk menghadap gurunya eyang seto.

sementara di trajutisna sutedjo aka boma narakasura merasa geram mendengar pandawa akan menobatkan gatotkaca menjadi senopati. boma narakasura memang musuh bebuyutan gatotkaca. dia kemudian bertekad merebut pekerjaan membuat jalan tersebut dari tangan gatotkaca. maka kemudian dia berhasrat untuk mneminta bantuan ayahnya prabu kresna di kerajaan dwarawati. rombongan trajutisna dipimpin oleh boma narakasura, patih pancatnyono dan punakawan (bilung dan togog) berangkat menuju dwarawati bersama ratusan prajurit raksasa.

sementara di ngamarta puntodewo mengutus antaredja ke dwarawati menjemput prabu kresna dan abimanyu ke pertapaan eyang abiyasa.tujuanya untuk menghadiri dan memebri restu saat pelantikan sneopati muda pandawa. maka berangkatlah abimanyu dan para punakawan (semar,gareng,petruk,bagong) ke pertapaan eyang abiyasa. sementara antaredja berangkat ke dwarawati.

di keraton dwarawati kresna menerima rombongan trajutisna. sutedja meminta kresna menerima permintaan dirinya untuk mengambil alih tugas dari gatotkaca untuk membuat jalan dari kayangan ke tegal kurusetra. dengan harapan bahwa boma narkasura aka sutedja bisa diangkat menjadi senopati pandawa. kresna condong kepada keinginan anaknya. kemudian datanglah rombongan ngamarta dibawah pimpinan antaredja, yang meminta prabu kresna untuk datang ke ngamarta.merasa bahwa ayahnya akan mendukung pihak gatotkaca dengan hadir ke ngamarta, boma naraksura membuat geger dengan menolak permintaan antaeja dan mengajaknya keluar dari paseban ke alun alun.

bomanarakasura meminta antaredja balik dan melapor bahwa ayahnya kresna menolak untuk dibawa ke ngamarta.antaredja menolak karena prabu kresna sendiri belummemberi keputusan menolak atau menerima. karena samasama ngotot terjadi pertempuran. dalamperkelahian pertama bomanarakasura jatuh terlentang terkena pukulan antaredja. setelah dibangunkan bilung dan togog boma narakasura maju dan berhasil menggigit antaredja dengan siyung saktinya, giliran antaredja yang terkapar.

bilung dan togog menasehatkan agar sutedja mundur,karena antaredja memiliki upas yang sangat sakti,dan menjelaskan bahwa kakek sutedja bhatara naga raja masih punya hubungan saudara dengan kakek antaredja bhatara anantaboga. tapi sutedja ngotot melanjutkan perkelahan karena yakin menang. antaredja bangun dan menyemburkan bisanya. bomanarakasura jatuh bergelimpangan. sutedja lalu memanggil patih pancatnyono dan memerintahkan bala raksasa trajustisna mengeroyok antaredja.

patih setyaki keluar memisahkan perkelahian, antaredja mau berdamai tapi pihak trajutisna ngotot. ahirnya setyaki menghajar bala tentara raksasa trajutisna. boma narakasura tidak terima dan gantian berkelahi dengan setyaki. setyaki menghajar bomanarakasura sampai di pisah oleh prabu kresna. pada bomanarakasura kresna berpesan untuk datang ke pertapaan kakeknya dari pihak ibu, naga raja dan meminta bantuan padanya.sementara sri kresna ikut antaredja ke ngamarta.

sementara di pertapaan resi seto, gatotkaca menghadap resi seta. disana gatotkaca bercerita tentang tugasnya membuat jalan dari kayangan sampai tegalkuru setra dan meminta restu sang resi. resi seto memberikan restunya dan sekaligus membabarkan arti mimpinya gatotkaca. arti mimpi itu adalah bahwa dia akan difitnah oleh orang dekat yang masih saudara dengannya, untungnya gatotkaca bersikap satria dan ahirnya selamat.resi seto memberikan perlambang bahwa yang bakal menghalanginya adalah orang yang menjadi musuh gatotkaca dalam lakon pecahnya topeng wojo.

gatotkaca kemudian merasa bimbang mengetahui bahwa musuhnya adalah bomanarakasura dan berniyat melabraknya tapi dilarang resi seta.dia diutus untuk datang kengamarta karena dalam penglihatan resi seta,ngamarta kemasukan penyusup yang mempunyai sikap angkara murka.resi seta berjanji untuk mengikutidrai belakang dan memberikan pengawasan serta perlindungan kepada gatotkaca.
gatotkaca meminta sifat kandel berupa ilmu tambahan kepada resi seta. gatotkaca meminta ilmu brajamusti, dan diberikan oleh resiseta dengan syarat syarat antara lain,mandi di 7 tempuran sungai, bersabar kepada segala mahluk, dan puasa ngalong mutih mbisu selama 40 hari plus menjauhi wanita selama dalam laku. halini disanggupi oleh gatotkaca.

gatotkaca setelah menerima aji brajamusti pun undur diri kembali ke ngamarta. resi seta lalu mempunyai kehendak menguji mental muridnya gatotkaca. resi seta berubah malih rupa jadi cewek dan menggoda gatotkaca. untung gatotkaca yang digoda dapat bertahan,maka luluslah ujian gatotkaca. dan gatotkaca melanjutkan perjalanan ke ngamarta diikutin dari belakang oleh resiseta.

alkisah di pertapaan eyang bhatara naga raja, kedatangan tamu cucunya raja trajutisna bomanarakasura. disana ada juga pertiwi istri kresna sekaligus ibu boma naraksura dan anak naga raja. bomanarakasura mengaturkan maksud kedatanganya. pertama kalinya bhetara naga rajamenolak permintaan cucunya dan menasehati supaya cucunya kembali ke jalan yang bener.

tapi sutedja memaksa dan mengancam bunuh diri jika ditolak, pertiwi ibunya lalu mendukung kemauan anaknya dan berpamitan pada ayahnya untuk memebrikan bantuan kepada anaknya. ayahnya naga raja ahirnya menyetujui memberi bantuan setelah didesak anak dan cucunya.lalu naga raja yang berbentuk ular besar ini berubah wujud menjadi raja gagah berjuluk prabu slih warna supaya tidakdikenali dalam menolong cucunya mencapai cita citanya.maka bergeraklah rombongan trajutisna menuju alas tunggulrono untuk mulai membabat alas dan membuat jalan.

di jalan togog dan mbilung tahu bahwa naga raja menyamar, mereka menasehati naga raja untuk tidak meneruskan kelakuanya,tapi naga raja tetep berniyat terus membantu menolong anakny dan cucunya.anaknya pertiwi disuruh untuk bertapa dipantai dengan pesan jangan pulang jika belum mendengar kabar gatotkaca mati.

di alas tunggulrono pasukan trajutisna bertemu gatotkaca dan perkelahian terjadi. gatotkaca berhasil memukul mundur balatentara trajutisna, sampai ahirnya prabu silih warna maju. dalam perang melawan prabu silih warna gatotkaca terlempar setiapkali terbang melewati kepala prabu silih warna.sampai ahirnya gatotkaca terlempar jauh kebelakang dan bertemu gurunya eyang seta.eyang seta dengan kewaskitaanya tahu bahwa yang dihadapi gatotkaca adalah dewa, maka eyang seta masuk ke tubuh gatotkaca dan ikut maju perang.

kali ini prabu silih warna bisa dikalahkan, dan ahrnya pasukan trajutisna dimundurkan sementara. resi seta keluar dari wadag gatotkaca dan menyuruh gatotkaca meneruskan perjalanan ke ngamarta. sementara di pertapaan eyang abiyasa abimanyu dan punakawan telah sampai. eyang abiyasa memberikan suatu lamat atau perlambang bahwa akan terjadi peristiwa yang buruk terhadap abimanyu dan ngamarta. abimanyu dan punakawan disuruh segera kembali ke ngamarta.

dijalan abimanyu bertemu denganbalatentara trajutisna, perang terjadi dan raksasa banyak yang tewas. tapi karena ketetapan dewata maka sekalipun sehari mati 7kali ada ketetepan bahwa raksasa raksasa trajutisna baru bisa mati jika tuannya sutedja aka bomanarakasura mati. maka setelah dibunuh raksasa itu hidupkembali dan berlarian kocar kacir meninggalkan abimanyu dan para punakawan.
didalam hutan tunggul rono abimanyu bertemu gatotkaca, dan disitu gatotkaca membunuh abimanyu. abimanyu tak mau melawan dan tewas di tangan gatotkaca. punakawan kebingungan dan membawa mayat abimanyu ke istana ngamarta. di istana gatotkaca telah hadir bersama dengan para pandawa, prabu kresna juga ada dan baru berucap kata kata. prabu kresna mengusulkan agar mulai saat itu di ngamarta diadakan hukuman mati.puntodewo dan para pandawa menyetujui.

suasana kaget ketika punakawan masuk dan membawa mayat abimanyu. pandawa kaget dan menanyakan siapa yang membunuh abimanyu.petruk menjawab yang membunuh adalah gatotkaca. kresna meminta gatotkaca dihukum mati atas kesalahanya. bimamarah dan menusukan kuku pancanaka ke tubuh gatotkaca dan melemparkanya ke angkasa. sadewa yang paling cerdik daripandawa mendekati petrukdan berkata bahwa petruk salah dalam melapor, dia yakin bahwa yang membunuh abimanyu bukan gatotkaca.

sadewa lalu menemui resi seta dan menceritakan segalanya. resi seta lalu membuat rencana menangkap naga raja. dikisahkan naga raja yang berubah menjadi prabu silih warna kaget karena ada gatotkaca muncul dihadapanya. ternyata itu adalah anaknya raden pratiwi anggono adik dewi pratiwi. rupanya sri kresna sudah membuat rencana agar pratiwi anggono menyamar menjadi gatotkaca dan membunuh abimanyu ketika kresna masuk ngamarta untuk minta diadakan hukuman manti.

abimanyu dibuang kelaut karena kresna mngaku kembang wijaya kesumanya hilang dan tak bisa menghidupkan kembali putra pandawa itu. sementara mayat gatotkaca jatuh di tempat nagaraja dan pratiwi anggono bertemu. karena kaget maka buta trajutsina menusuk nusuk tubuh gatotkaca dengan senjata.bukanya matimalah bangun dan melihat ada gatotkaca palsu, maka seketika ada gatotkaca kembar di tempat itu. gatotkaca berperang melawan gatotkaca.

resi seta dan punakawan sampai di tempat kejadian.resi seta meringkus naga raja, dan gatotkaca asli meringkus gatotkaca palsu yang berubah wujud menjadi wujud aslinya raden pratiwi anggono. mereka dibawa ke ngamarta untuk diadili. sementara di tengah laut tubuh abimanyu dimainkan gelombang dan sampai ke tempat dewi pratiwi. dewipratiwi lalu menyembuhkan luka abimanyu dan bertekad menuntut gatotkaca.

kraton ngamarta gempar, meua terbongkar, ahirnya naga raja dan pratiwi anggono dilepas karena abimanyu ditolong oleh dewipratiwi.sementara kresna diminta untuk membantu gatotkaca merampungkan tugansya bersama seluruh kekuatan naga raja, pratiwi anggono, dan balatentara trajutisna.dan kresna pun menyanggupi tugas tersebut.

tancep kayon

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: