Pernikahan Siti Sundari dan Abimanyu

satriya madukoro akan mengadakan hajadan akbar pernikahan antara siti sudnari dan abimanyu. tetapi hal ini coba dihalangi oleh lesmana yang juga cinta kepada siti sundari. maka hastina kemudian mengundang prabu baladewa untuk memimpin lamaran ke dwarawati. sementara dari ngamarta lamaran dipimpin gatotkaca.

singkat cerita karena gak enak terhadap prabu mandura kakaknya, prabu kresna lalu menerima pinangan hastina sementara. sementara rombongan ngamarta disuruh kembali dan menceritakan kepada harjuna apa adanya. terjadi perkelahian antara rombongan gatotkaca dan punakwan versus para pelamar hastina. pertempuran seru terjadi antara adipati karna versus gatotkaca. sampai ahirnya dipisahkan kresna.

sampai di ngamarta harjuna sangat sedih mengetahui lamaranya ditolak, abimanyu bahkan lalu bertekad menyepi di hutan. maka abimanyupun berangkat disertai punakawan untuk bertapa di hutan. di hutan rombongan mereka dicegat rombongan raksasa, dan terjadi perang. perang tanding itu membuat punakawan dan abimanyu terpisah. dan punakawan yang berusaha mencari tak menemukan jua ahirnya pulang ke ngamarta.

raksasa dan abimanyu bertempur sampai jauh ke dalam hutan, dan ahirnya para raksasa kocar kacir melawan kesaktian abimanyu. lalu dari atas langit turunlah haryo bimo seorang yang bertampang persis dengan abimanyu. dia memperkenalkan diri sebagai adik dari abimanyu bernama bambang aryo bimo dan bersedia membantu kesusahan abimanyu.

bambang aryo bimo lalu menggendong abimanyu dibawa terbang ke kaputren dwarawati tempat putri siti sundari. disana aryo bimo memperkenalkan diri kepada siti sundari dan bertanya kenapa siti sudnari menolak lamaran dari kakanya abimanyu?dijawab karena ayahnya prabu kresna merasa tidak enak kepada prabu mandura baladewa.

maka kemudian bambang haryo bimo menyuruh emban menyampaikan ke keraton bahwa ada duratmoko masuk ke kaputren untuk menculik putri siti sundari. dwarawati gempar. rombongan hastina maju membantu. lesamana mencoba melawan bambang haryo bimo tapi dikalahkan. lesmana mengarang cerita bohong bahwa baladewa ditantang oleh bambang haryo bimo, baladewa naik darah dan maju menghadapi bambang haryo bimo.

aryo bimo punya kesaktian bisa merubah diri mengembari lawan, baladewa yang datang dikembari, sehingga tampak ada 2 baladewa sedang bertempur. sampai ahirnya baladewa asli dikalahkan kembaranya. dan mundur menghadap adiknya sri kresna. kresna meminta baladewa untuk ke ngamarta meminta bantuan pandawa. maka patih sengkuni disuruh baladewa berangkat ke ngamarta untuk menjemput para pandawa.

di ngamarta werkudoro marah marah karena merasa dihinakan dan bertekad melabrak ke dwarawati, tapi dicegah punto dewo. sementara harjuna masih bersedih karena hilangnya abimanyu di hutan. tiba tiba sengkuni datang meminta tolong kepada pandawa. werkudoro meolak dan mengancam siapa yang berangkat ke dwarawati akan di bunuhnya. harjuna yang sedianya akan berangkat kembali duduk patuh kepada kakaknya werkudoro. karena melihat tak ada yang berani kepada werkudoro maka puntodewo pun bergerak, dia berkata akan berangkat ke dwarawti untuk membantu prabu kresna.

werkudoro ahirnya takluk, dan mau berangkat dengan syarat bahwa puntodewo tidak berangkat ke dwarawati. werkudoro dan harjuna langsung menuju kaputren. disana mereka menghadapi bambang haryo bimo dan dapat dikalahkan karena kesaktian ilmu malih rupa yang dapat berubah seperti arjuna dan werkudoro.

ahirnya kresna maju dan mengeluarkan senjata chakra. shakra menghantam aryo bimo seketika berubah menjadi cahaya sebesar buah kelapa yang masuk ke tubuh abimanyu. itu adalah wujud adik ari ari abimanyu. di ahir cerita baladewa insaf dan mebenarkan kata adiknya prabu kresna bahwa cinta sejati walo dihadang 7 gunung akan bertemu jua. rombongan hastina mengamuk dan dipukul mundur oleh abimanyu. abimanyu pun disandingkan dengan siti sundari.

akhir cerita kresna, baladewa, pandawa dan abimanyu naik sanggar pemujaan untuk berterimakasih kepada tuhan.

tancep kayon

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: