Ki Purbo Asmoro, S Kar, M. Hum

PURBO ASMORO, S Kar. M. Hum. (1961 – ) Banyak penggemar yang mananyakan nama aslinya pada berbagai kesempatan berjumpa. Padahal nama aslinya atau nama kecil pemberian orang tuanya ya Purbo Asmoro itu. Lahir di Pacitan, 17 Desember 1961. Tinggal di Gebang, Kadipira, Surakarta. Seorang dalang Wayang Kulit Purwa yang mulai terkenal sejak tahun 1990-an. Keahliannya diwarisi dari ayahandanya yang juga seorang dalang. Kemampuannya itu lalu diasah secara akademis di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Surakarta, lalu dilanjutkan di Akademi Seni Karawitan Indonesia Surakarta, lulus tahun 1986. Setelah lulus mengabdikan diri sebagai dosen di STSI Surakarta. Saat ini (2002) sedang menyelesaikan studi S.2-nya di Kajian Seni Pertunjukan UGM.

Mulai tampil mendalang dimuka umum sejak usia 17 tahun, Purbo Asmoro pernah menjadi Juara I pada Lomba Dalang se-Jawa Tengah, tahun 1992. Ia juga menjadi dalang unggulan pada Festival Greget Dalang 1995. Walaupun berdomisili di Surakarta namun penggemar terbanyaknya justru dari wilayah Jawa Timur.

Dalang yang aktif dalam kepengurusan Ganasidi (Lembaga Seni Pedalangan Indonesia) dan Yayasan Sesaji Dalang, ini pernah pula melawat ke berbagai negara guna mempertunjukkan ketrampilannya mendalang. Antara lain ia pernah ke Inggris, Austria dan Yunani.
Dirinya merasa gagal dalam pertunjukan jika tidak bisa menjalin komunikasi dengan penontonnya. Bisa jadi tingkat apresiasi penontonnya yang kurang baik atau dirinya kurang jeli dalam menganalisa tingkat apresiasi, kondisi sosial dan keinginan penonton setempat.
Sikapnya yang rendah hati, selalu menjawab bahwa dirinya tidak mempunyai suatu kelebihan yang dibanggakan. Jika ditanya apa kelebihan pakelirannya? Ki Purbo Asmoro selalu berusaha untuk bisa menguasai semua-unsur-unsur pakeliran secara merata, tidak ada yang diistimewakan atau gothang ‘cacat’. Kiat keberhasilannya dalam mengolah dan mendramatisasi lakon-lakon adalah dengan banyak menyelami masalah hidup dan kehidupan. Dan banyak belajar dengan para seniman. Suka menonton pakeliran dalang-dalang yang lain, walau dalang tersebut tidak terkenal sekalipun. Menurut Ki Purbo, setiap dalang mempunyai suatu yang khas yang bisa memberikan ispirasi untuk menggarap pakeliran.
Dalam pementasannya didukung oleh kelompok kerawitan “Mayangkara” yang anggotanya kebanyakan adalah mantan anggota Condhong Raos, Ki Nartosabdho. Walau ia piawai dalam menyusun iringan garap pakeliran dalam mendukung suasana, namun belum pernah menghasilkan sebuah karya gending atau lagu.

Pendapatnya tentang reformasi bahwa dari segi keterbukaan dan kebebesan lebih dapat memicu kreativitas dalam berkarya. Sebagai seorang dalang harus berpijak diatas semua kelompok dan golongan. Karena pedalangan adalah menyajikan kesenian yang menggarap nilai-nilai kemanusiaan secara universal

3 Comments (+add yours?)

  1. ekathryn
    Aug 08, 2010 @ 11:09:55

    Minta ma’af tetapi bio ini sangat “out of date”! Perjalanan Ki Purbo ke Inggris, Yunani, dan Austria sudah yang paling awal dalam karir-nya. Yang lebih “current” adalah tour Ki Purbo Asmoro:

    2009, Santa Fe, New Mexico dan Houston, USA, untuk pambukaan exibisi wayang kepunyaan dia sendiri di Museum of International Folk Art
    2009, Tour ke Paris, Perancis
    2008, Tokyo dan Kobe Jepang
    2008, in residence di Festival Theatre La Paz, BOLIVIA
    2007, pentas di London
    2006, satu bulan tour ke USA (New York, Washington, Seattle, Chicago, Wesleyan University)
    2006, satu minggu in residence di Singapore Art Museum

    Dia juga punya website yang mestinya disebut juga: http://www.purboasmoro.com
    dan halaman FAN Facebook

    terima kasih,

    Kitsie Emerson

    Reply

  2. wayang
    Aug 10, 2010 @ 18:14:07

    terimakasih banyak Kitsie atas update nya. =)

    Reply

  3. Rangga Suwardi
    Jun 27, 2011 @ 18:50:24

    Untuk Ki Purbo saya menyukai semua yang di tampilkan, mulai suara, gerak, dan cara memaparkannya. saya suka seuanya untuk Ki Purbo Asmoro. Saya Nonton ki purbo kalau pas tahu aja. jika ada infoo ke saya dimanapun saya pasti nonton bersama istri. mohon jika berkenan ngabari di 0852 2845 5857

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: