Ki Soegito Poerbocarito

SOEGITO POERBOCARITO, KI (1940 – ) Lahir di Banyumas, 19 Desember 1940. dalang Wayang Kulit Purwa yang tergolong senior dari daerah Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah. Ia salah satu dalang gaya Banyumasan. Dalang kelahiran Keniten, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini mulai mendalang di muka umum ketika berumur 16 tahun. Di wilayah banyumas aterkenal dengan dalang Gito dan Gino. Keduanya dibedakan dengan gaya dalam pedalangannya. Pak Gito sangat teguh dengan paugeran dan pakem pedalangan Banyumas. Sedang Gino banyak melakukan penjelajahan dan pembaharuan dalam gaya pakelirannya. Untuk menyatukan dan mempertemukan kedua gaya itu dibentuklah sanggar Gito-Gino.

Dari putera beliau da seorang yang mewarisi bakat seninya. Yang pertama adalah Mayangsari penyanyi yang sudah malang melintang di blantika musik Indonesia. Seorang lagi adalah Ki Sigit Adji Sabdopriyono, seorang sarjana pedalangan lulusan STSI-Surakarta yang mewarisi keahliannya dalam bidang pedalangan.

Pada masa mudanya terkenal dengan dalang yang banyak digandrungi para penggemar wanita karena ketampanannya. Mempunyai keistimewaan dalam hal sastra yang runtut, serta warna suara yang ulem dan merdu. Menguasai aturan-aturan tradisi pakeliran klasik. Dalang faforitnya adalah Ki Surono dan almarhum Ki Nartosabdho. Salah satu koleksi gunungannya adalah milik Almarhum Ki Nartosabdha. Dia begitu memelihara pakem karena kekhawatirannya akan erosi nilai-nilai adiluhung dan rusaknya gaya pakeliran klasik.

Kiatnya sebagai dalang yang terkenal adalah belajar dan belajar.
Berkat ketrampilannya mendalang ia menerima berbagai tropi dan penghargaan, termasuk Tropi Budaya Bhakti Upapradana, sedangkan dari Menteri Kebudayaan RI mendapat Satya Lencana Kebudayaan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: