Suyudana Naik Tahta

Rakyat Astina selalu memuji-muji Puntadewa yang diketahui oleh mereka sangat adil dan utama. Melihat hal ini Suyudana menjadi tidak senang hati dan iri. Ia sangat takut kalau tahta kerajaan Astina pada suatu hari jatuh ke tangan Puntadewa.

Suyudana menghadap ayahandanya Prabu Dastarata memohon dengan sangat agar jangan sampai Puntadewa diangkat menjadi raja Astina. Ia sendiri menginginkan tahta itu, untuk menghindari kesulitan Suyudana mengusulkan agar para Pendawa dipindahkan ke Wanamarta.
Jika nanti Suyudana telah menjadi raja barulah Pandawa akan dipanggil kembali.

Dastarata menolak usul Suyudana, karena dia telah berjanji kepada ayahandanya Begawan Abyasa bahwa akan menyerahkan tahta kepada Puntadewa bilamana ia telah dewasa. Yang berhak adalah Puntadewa, walaupun diawal penyerahan tahta dulu kepada Pandu adiknya dia sempat merasa sedikit kecewa.

Suyudana dinasehati supaya bersatu dengan Pandawa. Juga ibunya Dewi Gendari menasehati hal yang sama. Tetapi semua nasehat itu tidak pernah digubris oleh Suyudana.

Ibunya Dewi Gendari bahkan pernah mengatakan bahwa kalau Suyudana tidak mau bersatu dengan Pandawa maka kelak keturunan Kurawa akan musnah atau tumpas karena perang saudara.

Suyudana tidak mengindahkan semua nasehat itu, bahkan mendesak dan mengancam kalau keinginannya tidak dikabulkan maka dia akan Bunuh Diri.

Dastarata hatinya menjadi lemah dan menyerahkan tahta bukan kepada Pandawa melainkan ke anaknya Suyudana karena rengekan Suyudana.

Dewi Kunti mengingatkan Dastarata akan kesalahannya, Dastarata menghindarai Dewi Kunti.
Suyudana naik tahta dan dinobatkan menjadi raja Astina. Harya Sakuni diangkat menjadi Patih Kerajaan Astina

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: