Lahirnya Jayadrata

Di Negeri Banakeling ada seorang Begawan yang bernama Bagawan Sapwaniwijayawastra yang sedang bertapa dan bersedih hati karena tidak mendapat karunia anak, dan isterinya terus menerus minta cerai.

Begawan Sapwaniwijayawastra sebenarnya adalah seorang Prabu kerajaan Banakeling. Raja dan juga adalah seorang Pendeta itu sangat sakti dan tekun tapanya. Hampir apa saja yang dipuja dan dimintanya jadi. Tentu saja dengan pertolongan Dewa.

Tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh menyambar dari udara dan jatuh di depannya, setelah diamat-amati tahulah ia bahwa itu adalah bekas bukus bayi. Bekas Bungkus bayi Bratasena Bekas bungkus bayi yang jatuh dihadapannya itu dipuja dan diminta oleh Bagawan Sapwani agar menjadi bayi, dan ternyata dikabulkan oleh Dewa dan berubah menjadi seorang bayi laki-laki.

Bayi itu diambil anak oleh Begawan Sapwani dan isterinya, mereka memberinya nama Raden Jayadrata. Wujud Jayadrata sangat mirip dengan bayi yang dilahirkan oleh Dewi Kunti yaitu Bratasena.

Selanjutnya Begawan Sapwanijayawastra mencari tahu bungkus bayi siapakan itu yang telah berubah menjadi anaknya. Dicarinya berita dari semua negeri hingga ia akhirnya tahu cerita kelahiran Bratasena anak Prabu Pandudewanata prabu kerajaan Astina.

Kelak pada saat Jayadrata telah mulai tumbuh dewasa Begawa Sapwani menjelaskan hal tentang kelahiran dari Jayadrata dan menceritakan asal-usulnya serta kelahiran bayi Bratasena Putra Prabu kerajaan Astina.

Jayadrata kemudian berjanji untuk menghambakan diri kepada Raden Bratasena karena ia berasal dari Bratasena.

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Lahirnya Jayadrata

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: