Pembelajaran (Study) Mengenai Wanda Wayang Kulit Secara Digital oleh ‘ e-wayang ‘ .

Sebuah sumbangan tulisan dari laman ‘ wayangpustaka ‘ untuk mendukung kegiatan ekplorasi laman ‘ e-wayang ‘ dalam memadukan teknologi digital dengan seni kriya tradisi wayang kulit.

‘ e-wayang ‘ telah beberapa tahun ini meng-ekplorasi teknologi digital untuk dipadukan dengan seni kriya tradisi wayang kulit. Dimulai dengan teknik-teknik ‘ menyorek ‘ ( menggambar ) wyang kulit secara digital. Kemudian dilanjutkan dengan teknik menatah dan ‘ menyungging ‘ ( mewarnai ) secara digital.

Kemarin terpantau laman ‘ e-wayang ‘ sudah merambah ranah berikutnya, yaitu eksplorasi ‘ wanda ‘ ( terjemahan bebas singkat adalah ‘ ekspresi ‘ ) wayang kulit yang dilakukan secara digital.

Ini adalah langkah nyata ‘e-wayang’ untuk terus ber-eksplorasi di bidang teknologi digital dipadukan dengan seni kriya tradisi wayang kulit. Penjelajahan ke ranah ‘ wanda ‘ secara digital ini akan membuka ‘ dunia baru ‘ dalam pembelajaran ( study ) wanda. Bahkan akan terbuka kemungkinan lahirnya ‘ wanda ‘ baru yang dengan mudah dan cepat bisa ‘ di simulasi kan ‘ secara digital. Atau penjelajahan lain yang saat ini belum terpikirkan. Hal ini sudah dikemukakan ‘e-wayang’ di dalam Seminar Kecil tanggal 30 April 2011 di Bandung Wayang Festival ; dan hal tersebut diamini oleh Bp Heru S Sudjarwo penulis dan penggiat multi media yang juga giat meng-ekplorasi multi media untuk dunia pewayangan.

Laman ‘ wayangpustaka ’ tidak punya kemampuan untuk berkomentar di bidang digital atau multi media , namun ikut merasa senang dan bangga bahwa salah satu ( atau lebih dari satu ) elemen ‘ outsider ‘ di bebrayan wayang berdedikasi tinggi memanfaatkan dan meng-optimum-kan teknologi digital dipadukan dengan seni kriya tradisi wayang kulit. Sebagai dukungan untuk kegiatan tersebut ; laman ‘ wayangpustaka ’ mencoba mendukung dengan menyajikan kepustakaan terkait ( dalam bentuk pindaian-pindaian format PDF di server berbagi file ), sebagai bahan pengayaan bagi siapa pun peminat kegiatan seperti laman ‘ e-wayang ‘. Laman ‘wayangpustaka’ menyadari bahwa kami bukanlah kaum berlatar belakang ‘akademik wayang’ , usaha ini hanya usaha kaum ‘outsider wayang’ dalam berbagi ke sesama ‘outsider wayang’ meng-apresiasi dan mencoba meng-edukasi diri sendiri pengetahuan wayang.

Teringat kembali topik Seminar tanggal 30 April 2011 di Bandung Wayang Festival : kita – komunitas wayang, baik yang penggiat langsung maupun kaum ‘outsider’ nya – harus mampu ‘ menunggangi ‘ kemajuan teknologi digital dan internet untuk merawat dan menghidupkan / mengembangkan wayang Nusantara saat ini dan di masa mendatang.

Salut dan tetap semangat laman ‘e-wayang’ dan peng-apresiasi wayang lain nya.

Salam kami dari laman ‘wayangpustaka’ serta mail list Paguyuban_Pecinta_Wayang di yahoo.

Jakarta, 24 Mei 2011

Pengasuh laman ‘wayangpustaka’ :

Budi Adi Soewirjo dan Pranowo Budi Sulistyo.

Marilah kita lihat gambar wayang di laman ‘e-wayang’, dan kemudian yang berminat silakan unduh bahan-bahan pengayaan melalui laman ‘wayangpustaka’ .

Dua gambar sosok tokoh Karna , dengan postur tubuh berbeda :


Sumber : laman ‘e-wayang’.

Gambar tokoh Karna dengan posisi kepala tunduk ( bahasa Jawa : luruh ) :

https://www.facebook.com/home.php#!/photo.php?fbid=10150132738617614&set=a.110374642613.85181.110035027613&type=1&theater

Sumber : laman ‘e-wayang’

Bahan-bahan kepustakaan pengayaan yang disarankan :

(1)

Bp Haryono Haryoguritno dalam makalah yang disajikan di Pekan Wayang 1996 menuliskan tentang sepuluh garis (dan sudut pertemuannya) yang bisa mempengaruhi ‘ wanda wayang kulit ‘

Sumber : Makalah Bp Haryono Haryoguritno.

Format PDF Makalah “ Wayang Purwa Gagrak Surakarta Ditinjau dari Aspek Seni Rupanya “

tulisan Haryono Haryoguritno, Ir. [ lulusan Teknik Mesin ITB 1960 ]

makalah lengkap bisa diunduh di URL :

http://www.4shared.com/document/jG1qdEEy/09_WyngPrw_Srkrta_SnRupa_Haryo.html

1.516 Kbyte

.

(2)

Pembahasan dokumentasi ‘ wanda wayang kulit ‘ bisa dibaca di buku ini :

Ebook “ Wanda Wayang Gaya Surakarta “ oleh Para Pengajar ASKI Surakarta ( 1978 / 1979 )

http://wayangpustaka.wordpress.com/2011/04/10/987/

.

Kata Pendahuluan di buku tersebut :

Seperti telah kita ketahui, bahwa pakeliran ada juga menggunakan medium pokok “rupa”, selain medium pokok lainnya seperti gerak, suara dan bahasa. Kesemuanya itu saling mendukung keberhasilan sajian. Medium rupa dalam wayang mempunyai unsur tatahan, sunggingan dan wanda.

Di dalam pakeliran “wanda” sebagai salah satu unsur medium rupa, berperan penting untuk memantapkan “rasa” suatu tokoh. Kemantapan ini bisa dicapai karena ada kesesuaian antara suasana adegan dengan wanda tokoh yang digunakan, di samping juga unsur-unsur penting lainnya, yaitu penyuaraan, sanggit, sabet, sulukan dan lain sebagainya. Dengan demikian jelaslah bahwa ketetapan seorang seniman dalang memilih “wanda” mempunyai andil dalam keberhasilan sajian.

Untuk jelasnya di sini kami kemukakan contoh-contoh penggunaan “wanda” dari tokoh Baladewa :

– Pada adegan yang bersuasana netral “merdika” ( tidak ada “rasa” susah, marah dan sebagainya) digunakan Baladewa wanda “Paripeksa”.

– Dalam peperangan digunakan Baladewa wanda “Geger”.

– Untuk menghadiri suatu peralatan, Baladewa wanda “Jagong”.

– Dalam suasana marah, terkejut, wanda “Kaget” yang digunakan.

Dengan demikian jelas bahwa penggunaan wanda itu tergantung pada suasana yang ingin didukung.

dst ……….

(3)

Ebook “ Wanda Ringgit Purwa milik Keraton Surakarta “ oleh Moelyono Sastronaryatmo , 1981.

http://wayangpustaka.wordpress.com/2011/04/11/%e2%80%98ebook%e2%80%99-buku-%e2%80%98wanda-ringgit-purwa-milik-keraton-surakarta%e2%80%99/

(4)

Ebook “ Pitakonan Lan Wangsulan Bab Wanda Wajang Purwa “ oleh R. Sutrisno, 1964.

http://wayangpustaka.wordpress.com/2009/12/05/pitakonan-lan-wangsulan-bab-wanda-wajang-purwa-r-sutrisno/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: